Tutorial Cara Membuat Website

cara membuat websiteSaat ini kemajuan teknologi berkembang dengan pesat. Salah satunya terhadap penggunaan jaringan internet dan website. Di era digital saat ini, semua akses mulai dari informasi, sosial media, bahkan bisnis diakses melalui website. Hal inilah yang membuat banyak kalangan mencari tahu tutorial cara membuat website. Nanti kita akan bahas tentang cara membuat website untuk Anda. Namun  sebelum sampai disitu kita akan bahas tentang website itu sendiri.

Pengertian website

Website sangat berkaitan dengan internet, karena untuk membuka sebuah website jaringan internet merupakan hal yang wajib ada. Website atau web merupakan suatu halaman yang berhubungan terhadap suatu hal tertentu. Website hanya bisa dibuka atau diakses apabila jaringan internet terkoneksi pada perangkat keras dan software. Ada beberapa jenis website seperti, blog, situs web toko online, situs sosial media,  serta lainya.

Tutorial cara membuat website

Dalam membuat website ada beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan dan yang harus diikuti. Berikut tutorial cara membuat website yang bisa Anda ikuti.

  1. Tentukan dan pilih platform untuk website

Sebelum memilih nama domain, hal awal yang harus Anda lakukan adalah memilih platform. Ada beberapa jenis platform yang bisa dipakai. Salah satunya wordpress. Bagi pemula platform WordPress cocok digunakan, selain itu komunitas yang menggunakan platform ini cukup banyak, sehingga Anda tidak kesulitan mendapatkan informasi.

  1. Pilih nama domain yang menarik dan mudah diingat

Pemilihan nama domain merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan pembuatan website. Dalam pemilihan website sebaiknya Anda memilih namanya yang mempunyai kesan, karena kesan yang manarik akan mudah diingat oleh banyak orang. Selain kesan, sebaiknya ketika memberi nama domain diberikan nama yang singkat saja, hal ini bertujuan agar pembacaan domain tidak terkesan ribet membacanya. Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah memberikan ekstensi pada domain Anda. Ekstensi yang bisa Anda pakai diantara, .com, .net atau .org. Pamakaian ekstensi alangkah baiknya jika disesuaikan dengan isi dari domain itu sendiri, misalnya jika domain berisi tentang  sebuah lembaga, Anda bisa memakai .org sebagai ekstensi domain Anda.

  1. Hosting

Ketika kita membuat sebuah website tentunya tidak akan bisa lepas dari domain dan hosting, karena kedua hal ini merupakan hal yang saling berhubungan dan berkaitan. Hosting sendiri merupakan tempat yang digunakan untuk menampung data yang diperlukan dari website. Biasanya hosting akan melekat pada domain. Hosting terdiri dari yang berbayar dan ada juga yang gratis.

  1. Lakukan instalasi dan modifikasi terhadap website

Setelah kita memilki hosting, hal yang kita harus lakukan adalah instalasi. Hal yang pertama kita lakukan pertama masuk ke hosting account kita, setelah itu cari control panel, setelah mendapatkan control panel silakan klik softaculous apps installer kemudian klik platform yang sudah Anda punya misalnya wordpress, nantinya akan muncul pilihan instal, lalu tinggal Anda klik.

  1. Upload

Jika semua sudah terinstall, kemudian yang harus Anda lakukan adalah upload. Anda bisa mengupload aplikasi, atau gambar-gambar apa saja yang ingin Anda letakkan pada web Anda. Waktu proses upload tergantung pada kecepatan internet Anda.  Sangat disarankan Anda sabar menunggu atau jangan sampai Anda membatalkan proses upload  agar website Anda tidak terjadi error nantinya.

Penggunaan website saat ini merupakan hal yang penting untuk kita. Dengan mengetahui tutorial membuat website, kita akan bisa paham dan mampu mencoba membuat website sendiri tanpa melalui jasa. Sehingga bisa menekan pengeluran Anda.