Ini Nih Cara Mudah Bikin Website Nggak Pake Ribet

Sedang mencari cara mudah bikin website sendiri tanpa ribet, tapi masih bingung dimulai dari mana? Semoga jawaban yang kamu harapkan ada di sini. Membangun website menjadi tantangan tersendiri, baik untuk pemula maupun professional sekalipun. Apapun profesimu dalam dunia online, baik itu sebagai affiliate marketer, blogger, business owner, maupun pelaku toko online, website dapat dikatakan sebagai investasi sekaligus aset dalam berbisnis online.

Apa Itu Website?

Sebelum kamu berpikir tentang cara membuat website, menata tampilannya, merubah jenis font, warna, dan sebagainya, perlu kamu ketahui apa itu website terlebih dulu. Website sendiri bisa dibilang segala hal yang terdapat di internet. Isinya dapat berupa gambar, konten teks, video, suara, maupun gabungan berbagai konten tersebut. Dilihat dari jenisnya, website sendiri terdiri dari situs sosial media, situs blog, web toko online, web company profile, web personal, dan lain sebagainya. Sebelum kamu membuat website, kamu harus mempersiapkan hosting dan domain terlebih dulu. Kedua unsur ini merupakan elemen pembentuk sebuah website dengan peranan yang sangat penting.

Lalu, Bagaimana Cara Mudah Bikin Website Tanpa Ribet?

Ada beberapa cara mudah bikin website tanpa ribet yang perlu kamu ketahui, berikut ini :

  1. Pilih Platform Pembuat Website

Sebelum kamu memikirkan alamat website maupun tampilan website-mu, maka hal yang harus kamu pertimbangkan pertama kali yaitu platform website yang akan kamu gunakan. Selain itu, kamu juga harus pikirkan, apakah kamu ingin membuat website dari awal ataukah membuat website dengan aplikasi yang sudah ada. Ada beberapa platform website yang cukup terkenal dan banyak digunakan di seluruh dunia, seperti Drupal, WordPress, Joomla, Blogger, Magento, dan masih banyak lagi. Untuk keunggulan dan kekurangan platform tersebut, kamu harus mencari tahu informasinya lebih banyak di internet.

  1. Memilih Web Hosting dan Nama Domain

Supaya websitenya bisa online dan dapat diakses dimanapun, cukup memikirkan dua hal, diantaranya nama domain dan hosting. Nama domain merupakan nama website yang akan kamu pakai, sedangkan hosting merupakan tempat kamu akan menyimpan segala file website-mu supaya bisa diakses semua orang yang ada di seluruh pelosok dunia. Untuk platform wordpress-nya 100% memang gratis, tapi untuk hosting dan nama domainnya memang nggak gratis dan kamu harus membelinya.

  1. Mulai Memodifikasi Website

Jika kamu sudah membeli hosting dan domain sebenarnya untuk website-mu, maka website-mu sebenarnya sudah dapat diakses secara online, hanya saja isinya tentu masih kosong dan kamu perlu melakukan install wordpress-nya terlebih dulu. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menginstall platform wordpress ke dalam hosting, cara yang pertama kamu bisa melakukan one click installation baik untuk joomla, worpress, atau drupal, sedangkan cara yang kedua adalah dengan instalasi manual.

Selanjutnya kamu bisa mengubah tampilan website-mu, pertama-tama masuk ke dashboard website wordpress, lalu cari tema/template, dan kamu bisa membeli template berbayar atau gratis. Untuk sementara, jika kamu memiliki budget terbatas pilih saja template gratis telebih dulu lalu cari template yang sesuai selera. Hanya saja, kamu memerlukan kesabaran untuk melakukannya!

Cara mudah bikin website di atas memang benar-benar praktis, bukan? Sebelum kamu, melakukan modifikasi website-mu pastikan kamu mengetahui tujuan pembuatan website terlebih dulu. Apakah untuk aktivitas pribari, untuk portal atau toko online?