Cara Mudah Buat Website Sendiri Secara Gratis

cara mudahBagi Anda yang masih pemula dalam urusan membuat website atau situs sendiri, melakukannya secara gratis tentu merupakan sebuah alternatif yang menarik. Dengan demikian, Anda masih bisa mengembangkan kemampuan Anda tanpa harus menguras kantong terlalu banyak. Berikut ini adalah beberapa cara mudah buat website sendiri bagi Anda yang ingin melakukannya dengan biaya minimum.

Cara 1: Apa tujuan Anda?

Pertama, tentukan dulu apa tujuan Anda membuat situs gratis. Hal ini dikarenakan kaitannya dengan jenis layanan online yang kelak akan Anda gunakan di kemudian hari. Apakah Anda ingin menggunakan situs pribadi Anda sebagai blog? Atau toko online? Atau, apakah situs tersebut akan menjadi sebuah portofolio pribadi atau perusahaan?

Cara 2: Pilih layanan platform yang cocok.

Untuk platform online yang cuma-cuma, pilihannya sendiri sebenarnya cukup memadai meskipun tentu tidak sebanyak pilihan yang ditawarkan jasa berbayar. Nah, dari tujuan yang sudah Anda tentukan sebelumnya, Anda bisa pilih platform yang sesuai. Misalnya, untuk keperluan blog, Anda bsa pilih gunakan blogspot atau Medium. Sedangkan untuk toko online, Anda bisa jajal SIRCLO. Jika situs itu nanti akan digunakan sebagai portofolio, Anda bisa gunakan WordPress. About.Me juga bisa Anda gunakan terutama jika situs pribadi Anda akan menjadi sebuah portofolio pribadi juga.

Cara 3: Kenali dan pahami fitur yang ditawarkan.

Platform yang gratis sayangnya memiliki keterbatasan dalam jumlah fitur yang ditawarkan. Meski demikian, hal tersebut bukan berarti lantas membatasi Anda dalam membuat dan nantinya mengembangkan situs pribadi milik Anda sendiri.

Salah satu jenis fitur yang dibatasi adalah nama domain sehingga Anda harus mempergunakan nama domain dari platform gratis pilihan Anda. Lain cerita jika Anda bersedia membayar dalam jumlah tertentu untuk nama domain yang sesuai dengan pilihan Anda.

Jenis fitur lain yang dibatasi adalah jumlah konten yang dapat dimasukkan karena platform yang gratis memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang terbatas. Meski demikian, besarannya sendiri biasanya sudah cukup memadai.

Cara 4: Ayo buat situs pribadi Anda sendiri!

Di sini, Anda sudah bisa mulai membuat website milik Anda sendiri berdasarkan pilihan platform gratis yang sudah ditentukan. Kunjungi platform online tersebut, kemudian daftarkan diri Anda. Langkah berikutnya adalah memilih tema atau template website yang Anda inginkan agar tampilan situs Anda nanti menarik dan membuat pengunjung lebih mudah memahami konten yang akan disediakan. Kemudian, masukkan data-data seperti nama domain dalam proses pembuatan situs pribadi Anda.

Cara 5: Maintenance situs.

Setelah situs Anda sudah jadi, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan maintenance. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunggah konten ke dalam website dan mengubah tampilan atau tema agar makin mendekati dengan gambaran yang Anda inginkan. Tambahkan fitur-fitur yang dapat membantu Anda menjaring lebih banyak pengunjung seperti tombol “Follow” dan “Subscription”, misalnya.