Cara Membuat Website Profesional dengan Web Hosting

contoh website professional
contoh website professional

Memiliki website yang profesional adalah sebuah kebutuhan yang diperlukan untuk keperluan serius di internet. Keperluan serius ini bisa meliputi bisnis dan keperluan pekerjaan yang lain. Menggunakan jasa hosting adalah cara membuat website profesional yang mudah untuk memiliki website profesional.

Dibandingkan membuat website secara manual, membuat website dengan bantuan jasa hosting web dirasa lebih mudah. Membuat website secara manual biasa melibatkan pembuatan website yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan kode HTML dan CSS untuk ditampilkan di Internet ke server. Server ini sendiri terkadang harus dibeli hardware-nya dan memerlukan perawatan dan tempat khusus. Biasanya untuk keperluan serius banyak pemilik website yang memilih cara membuat website profesional menggunakan web hosting yang memerlukan hanya biaya pengeluaran penggunaan jasa tiap bulannya.

Banyak penyedia web hosting yang dapat digunakan dan dipilih saat ini di internet. Website yang menawarkan jasa jenis ini dan terkenal populer dan dapat diandalakan adalah Hostgator dan Bluehost. Kedua penyedia jasa ini menggunakan model platform dari WordPress sebagai base pembuatan website.

Jadi dibandingkan membuat website dengan cara mengetik kode – kode HTML dan CSS, menggunkan tool dari website hosting ini dirasa lebih mudah dan praktis. Walaupun begitu jika ingin membuat pengaturan yang lebih personal dan detail, HTML dan CSS juga dapat digunakan dalam proses pembuatan website menggunakan jasa hosting ini.

Langkah pertama sebagai cara membuat website profesional dengan web hosting adalah memilih penyedia web hosting yang dibutuhkan. Untuk hal ini disarankan untuk melakukan perbandingan untuk harga dan fitur yang diberikan sebelum memilih web hosting. Jika sudah mantap dengan pilihan penyedia jasa, silahkan untuk mendaftar dan membayar harga yang tertera di web hosting. Setelah membayar jasa, langkah berikutnya adalah memilih domain yang akan dipakai sebagai alamat website.

Dalam memilih alamat website apalagi kebutuhan website profesional, putuskanlah nama yang unik namun tetap menunjukkan konten dari website tersebut. Contohnya untuk website penjual camilan, dibanding menggunakan nama umum seperti camilan(dot)com lebih baik menggunakan nama yang original dan lebih menunjukkan konten seperti Jamilahsnack(dot)com. Memberi nama sebagai pemilik website dan menunjukan bahwa website memiliki konten yang berhubungan dengan makanan kecil akan memberi kesan original dan juga jelas.

Langkah berikutnya adalah menggunakan fitur yang ada di web hosting untuk mengatur website sesuai kebutuhan. Biasanya fitur adalah berupa program yang langsung terhubung dengan internet dan website yang diatur. Program akan menampilkan fitur seperti tampilan, edit, konsol untuk kode HTML dan CSS dan juga alat – alat lain yang perlukan untuk membantu menunjukan statistik website.

Tampilan website agar terlihat profesional perlu dibuat bersih dan tidak terlalu ramai. Navigasi menu dan halaman – halaman perlu dibuat praktis dan mudah untuk diikuti. Jika diperlukan biasanya pihak web hosting sudah menyediakan template yang paling cocok untuk keperluan website profesional.