Cara Membuat Website Mudah

contoh website dealer mobil
contoh website dealer mobil

Ada banyak platform yang dapat Anda gunakan untuk memulai hobby Anda. Website salah satunya yang dapat Anda jadikan tempat untuk memulai sesuatu seperti bisnis, tulisan, atau hal lainnya. Lalu, bagaimana cara membuat website mudah? Ada berbagai cara untuk membuat situs web. Dua cara yang paling umum adalah:

  • Menggunakan pembangun situs online (tidak memerlukan pengetahuan teknis)
  • Menggunakan kode situs web Anda sendiri (ini adalah metode yang lebih “teknis”)

Menggunakan Jassa Pembuat Website Online

Menggunakan cara ini, agen atau perusahaan web Anda menyediakan jasa pembuat web yang Anda dapat akses dengan browser Anda. Pembuat web biasanya melampirkan area atau alamat situs Anda sendiri. Pembuat situs online sangat mudah Anda gunakan. Anda tidak memerlukan pengetahuan IT atau cara yanga sangat teknis. Bahkan Anda hanya tinggal melihat review dari web sebelumnya yang dapat menjadi acuan untuk Anda.

Beberapa keuntungan dari metode ini meliputi:

  • Tidak ada keterampilan teknis yang diperlukan – Anda cukup memulai web Anda dengan arahan yang mudah dan cepat.
  • Tidak membutuhkan waktu banyak.
  • Anda tidak perlu banyak belajar – Pembuat website online seringkali sangat mudah digunakan.

Beberapa kelemahan pembangun web online meliputi:

  • Kurang fleksible– banyak batasan yang tidak bisa Anda langgar. Desain dan fungsinya terbatas.
  • Kurang mudah diakses – Jika Anda memutuskan untuk mengubah penyedia hosting, Anda mungkin perlu membangun kembali situs web Anda dari awal.

Menggunakan Kode Web Anda Sendiri

Menggunakan cara ini, Anda mengembangkan situs web di komputer Anda sendiri, menggunakan perangkat lunak khusus (seperti editor HTML, perangkat lunak grafis, dll.). Kemudian saat Anda puas dengan perubahan tersebut, Anda mengunggahnya ke penyedia hosting Anda (biasanya melalui FTP). Pada tahap itu, perubahan Anda dapat dilihat oleh pengunjung Anda.

Beberapa keuntungan dari cara ini yaitu:

  • Lebih fleksibel – Anda dapat membuat perubahan ke situs web Anda yang Anda inginkan – tidak peduli seberapa maju selama Anda memiliki keterampilan yang  cukup.
  • Lebih mudah diakses – Jika Anda memutuskan untuk mengganti penyedia hosting suatu hari nanti, semuanya mungkin akan lebih mudah jika Anda telah mengembangkan situs web Anda sendiri. Ini karena kode Anda tidak bergantung pada sistem yang mungkin hanya ada di host web Anda saat ini. Oleh karena itu, Anda harus bisa secara sederhana, mengambil salinan situs web Anda dan mengunggahnya ke penyedia hosting baru.

Beberapa kelemahan dari pengkodean situs web Anda sendiri, yaitu:

  • Membutuhkan keterampilan teknis – Anda perlu tahu banyak hal teknis. Ini mungkin tidak cocok untuk semua orang.
  • Membutuhkan lebih banyak waktu – Secara umum, mengkodekan situs web Anda sendiri akan memakan waktu lebih lama dari pada menggunakan pembuat situs web online.
  • Memahami pembuatan web – Anda perlu meluangkan waktu dan usaha untuk mempelajari keterampilan.