Cara Membuat Web Desain

contoh website wedding atau pernikahanWeb desain merupakan sebuah istilah atau sebutan yang dipakai untuk menunjukkan sebuah tampilan awal atau isi dari suatu situs ataupun website. Secara umum web desain berguna mempermudah untuk mengakses website yang terdiri dari sekumpulan konten online dan beberapa aplikasi, bahkan dengan web desain bisa juga diisi dengan beberapa gambar, suara dan teks. Hal inilah yang membuat banyak orang ingin mengetahuicara membuat web desain agar mempermudah penggunakan website mereka.

Pengertian web desain dan fungsinya

Web desain merupakan  suatu jenis desain grafis dimana desain grafis ini digunakan sebagai pengembangan serta styling pada suatu objek dengan menggunakan fitur-fitur yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan pemakai atau konsumen. Pada dasar web desain dibuat untuk mempermudah pemakain dalam membuka suatu aplikasi atau konten online. Web desain memiliki beberapa fungsi. Salah satunya web desain mempunyai fungsi informasi dan komunikasi. Fungsi dari pembuatan web desain yaitu menekankan pada kualitas terhadap konten itu sendiri, salah satu fasilitas yang bisa kita nikmati ketika menggunakan web desain adalah kita bisa dengan mudah mengakses informasi, news, serta referensi lainnya. Hal inilah yang membuat segala informasi bisa dijangkau dengan mudah. Selain itu, pada web desain biasanya juga diisi dengan fitur-fitur seperti gmail, serta chatting. Hal ini yang membuat komunikasi bisa diakses juga dengan mudah.

Fungsinya yang cukup bermanfaat dan praktis membuat banyak orang ingin mengetahui cara membuat web desain. Berikut kita akan bahas tentang cara membuat web desain yang penting Anda ketahui untuk dicoba.

Ada beberapa cara yang harus Anda ikuti dalam membuat web desain, yaitu

  1. Membuat rancangan sketsa desain.

Sebelum memulai membuat web desain Anda disarankan membuat sebuah sketsa untuk homepage atau halaman pembuka pada sebuah kertas. Hal ini mempunyai tujuan untuk mengatur tata letak yang baik untuk konten-konten atau website apa saja yang mau diletakkan pada homepage.

  1. Siapkan layout dan animasi

Setelah Anda membuat sketsa barulah Anda membuat tahap selanjutnya, yaitu membuat layout desain. Dalam pembuatan layout desain Anda sangatt disarankan menggunakan beberapa software yang recomended, seperti Photoshop, Macromedia ataupun dengan Adobe Illustrator. Selain itu yang harus dipastikan kualitas gambar. Disarankan jangan menggunakan gambar dengan resolusi yang terlalu besar. hal ini dikarenakan ketika resolusi terlalu besar, nantinya halaman web yang ingin dibuka akan lambat terbukannya. selain itu untuk membuat web desain Anda terkesan lebih menarik dan tidak membosankan disarankan Anda membuat Animasi. Pembuatan animasi bisa Anda lakukan dengan software Macromedia Flash.

  1. Persiapkan HTML

HTML merupakan hal yang harus ada pada web desain. Semua format web biasanya akan diubah dalam format HTML sebelum  dilakukan upload ke web desain yang sudah dibuat. Untuk mengubah sebuah aplikasi ke format HTML Anda bisa menggunakan software seperti Microsof Frontpage ataupun dengan Macromedia Dreamweaver.

  1. Upload dan pilihlah hosting yang terbaik

Setelah  kita mengubah aplikasi ke format HTML setelah itu kita tinggal mengupload konten atau website ke wed desain. Namun tentunya yang juga harus diperhatikan adalah pemilihan hosting. Pemilihan hosting merupakan hal yang memberikan pengaruh terhadap web desain itu sendiri.

Empat hal tersebut bisa Anda coba sebagai cara membuat web desain untuk Anda. Web desain nantinya bisa membuat Homepage Anda lebih manarik, praktis dan terkesan tidak membosankan ketika Anda mengaksesnya.