Cara Membuat Situs Pribadi dan Keuntungannya

contoh desain web pribadi
contoh desain web pribadi

Terdapat beberapa langkah atau cara membuat situs pribadi yang akan dipaparkan di bawah ini. Anda bisa menggunakannya sebagai acuan ketika membuat situs pribadi milik Anda sendiri. Untuk cara yang akan ditunjukkan berikut ini adalah cara dengan menggunakan WordPress sebagai platformnya.

  1. Pesan domain situs dan hosting yang langsung online.

Jika Anda sudah memesan hosting serta domain situs, lakukan instalasi atau pemasangan WordPress. Bagi Anda yang memesannya dari jasa penyedia hosting yang handal atau baik, prosesnya sendiri umumnya cukup praktis karena Anda hanya cukup melakukan klik untuk meng-install, atau mengikuti panduan yang sudah disediakan.

Pada langkah ini, Anda juga biasanya akan diminta untuk melakukan proses pembayaran untuk jasa domain dan hosting yang dibeli. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena biayanya sendiri relatif murah.

  1. Atur website Anda.

Jika proses pemesanan dan pembelian domain dan hosting sudah selesai, Anda biasanya akan menerima informasi terkait nama pengguna dan kata sandi yang dapat digunakan untuk melakukan proses pengaturan situs Anda. Hal ini diperlukan karena tampilan situs Anda biasanya akan masih terlihat polos dan kosong karena belum ada konten atau penyesuaian.

Setelah Anda berhasil login, Anda dapat melakukan berbagai macam hal untuk mengatur tampilan situs Anda, seperti mengganti tema, mengedit laman beranda atau home, menambahkan gambar, mengedit laman kontak, menambah halaman, mengganti logo WordPress dengan logo pibadi Anda, dan mempublikasikan konten seperti artikel.

  1. Amankan situs Anda.

Selain pengaturan pada tampilan atau konten, Anda juga perlu mengecek dan melakukan perubahan yang berkaitan dengan keamanan situs pribadi Anda. Dengan demikian, situs Anda pun menjadi jauh lebih aman. Anda dapat mengubah kata sandi atau mengganti URL login untuk admin, yang biasanya adalah namasitus.com/login. Nah, bagian “login” itu bisa Anda ubah, misalnya menjadi “sesuatu”.

  1. Optimalkan situs Anda di mesin pencari.

Nah, di sini, secara umum Anda akan membuat situs pribadi Anda dapat diketahui dengan lebih mudah oleh mesin pencari, seperti Google dan Bing. Untuk melakukannya, pergunakan Webmaster Tool untuk mengoptimalkan situs Anda.

Selain itu, unggah konten yang disukai tidak hanya mesin pencari, namun juga segmen pengguna akhir yang menjadi sasaran Anda. Cara ini dapat dipahami lebih lanjut melalui pengaturan Yoast SEO.

Faktor lain yang perlu dioptimalkan adalah kecepatan dalam mengakses situs Anda, yang rupanya memengaruhi peringkat sebuah situs yang dibuat oleh mesin pencari. Karenanya, jangan lupa atur CloudFlare untuk situs Anda.

Keuntungan Memiliki Situs Pribadi

Sekarang Anda sudah memiliki gambaran umum mengenai cara membuat situs pribadi. Kali ini, apa sebenarnya manfaat dari memiliki situs pribadi?

Ada berbagai keuntungan yang dapat Anda rasakan dengan memiliki situs pribadi, seperti kemudahan dalam membagikan informasi atau gagasan yang Anda miliki kapanpun Anda inginkan. Kemudian, hal ini juga mempermudah orang lain dalam menemukan Anda, sehingga konten situs Anda pun dapat menerima lebih banyak perhatian.