Cara Membuat Situs Internet untuk Para Pemula dengan WordPress

logo wordpressSecara umum, terdapat 3 cara membuat situs internet yang bisa Anda terapkan. Berikut ini adalah penjelasannya yang tentu wajib Anda baca jika Anda adalah seorang pemula yang memang sudah tertarik dan berniat untuk membuat situs internet sendiri.

Langkah 1: Pilih Platform

Sebelum Anda memilih nama untuk alamat situs serta desainnya, Anda wajib memilih jenis platform apa yang akan dipakai. Ada berbagai pilihan platform yang tersedia, seperti WordPress, Joomla, dan Drupal. Nah, karena Anda adalah pemula, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan WordPress karena berbagai keuntungan yang ditawarkan, seperti kemudahan dalam penggunaan serta ketersediaannya yang dapat dimanfaatkan dengan cuma-cuma. Selain itu, bahkan banyak perusahaan maupun situs besar yang menggunakan WordPress. Pengguna akhir, baik itu pelanggan maupun pembaca, juga dapat merasakan kemudahan dalam mengakses situs Anda karena sifatnya yang responsif sehingga situs Anda dapat diakses dari berbagai jenis perangkat seperti HP, tablet, dan laptop.

Langkah 2: Pilih Nama untuk Domain serta Web Hosting

Agar situs Anda nanti dapat diakses, ada 2 hal yang harus dipenuhi, yaitu nama domain atau situs Anda (seperti www.namawebsite.com) serta hosting (alias tempat di mana seluruh berkas situs Anda disimpan agar dapat diakses oleh para pengunjung di seluruh dunia).

Meskipun WordPress merupakan platform yang 100% gratis, nama domain serta hosting harus dibeli. Untungnya, Anda tidak harus selalu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan keduanya. Malah, menggunakan nama domain sendiri akan membuat situs Anda nampak lebih profesional dibandingkan dengan “menumpang” domain lain. Dalam memilih nama domain pun sebaiknya memilih nama yang ringkas dan mudah diingat, seperti dengan menggunakan nama merek, perusahaan, atau produk Anda.

Nama domain juga biasanya diakhiri dengan .com, .org, atau .net. Akan tetapi, pilihannya sekarang juga sudah lebih banyak, seperti .tips dan .clothing. Dan jika Anda berniat untuk menggunakan akhiran domain .id, .co.id, atau .or.id, ada dokumen pembuatan domain khusus karena akhiran .id pada dasarnya khusus untuk Indonesia.

Langkah 3: Instalasi serta Modifikasi Situs

Jika Anda sudah membeli nama domain serta hosting, sebenarnya situs Anda sudah dapat diakses secara online. Akan tetapi, isinya masih kosong sehingga Anda perlu meng-install atau memasang WordPress.

Ada 2 cara untuk memasang WordPress ke hosting Anda:

  1. Cara 1: One Click Installation.

Cara ini biasanya disediakan oleh jasa penyedia hosting yang bagus sehingga Anda cukup mengeklik platform pilihan Anda. Kemudian proses instalasi atau pemasangan akan berjalan dengan sendirinya.

  1. Cara 2: Instalasi manual.

Cara yang ini lebih rumit, namun bukan mustahil untuk dilakukan karena sebenarnya proses peasangan manual ini juga mudah. Di sini, Anda akan membutuhkan informasi terkait nama pengguna dan kata sandi FTP yang pasti sudah disediakan oleh penyedia hosting jika Anda sudah membelinya. Penyedia hosting juga sudah menyediakan petunjuk untuk cara membuat situs internet secara manual sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai panduan.