Cara Membuat Halaman Web Sendiri

contoh website spa mobil
contoh website spa mobil

Website adalah kumpulan halaman web yang terkait, termasuk konten multimedia, yang umumnya dikenali dengan sebuah nama domain yang umum, dan dipublikasikan setidaknya di satu server web. Anda sebagai pengguna internet yang aktif telah menemui banyak website. Website yang menampilkan banyak tampilan multimedia yang menarik dapat menjadi wadah bagi Anda untuk memulai suatu pekerjaan dan menghasilkan uang. Namun, sebelum itu, bagaimana cara membuat halaman web sendiri?

Memilih Platform yang Benar

Jika Anda ingin membangun situs web yang bagus dan mudah digunakan dengan cepat, Anda harus memilih platform atau yang juga dikenal sebagai sistem manajemen konten. Di tahun 2004, pengembangan web masih menggunakan HTML, CSS, dan bahkan Flash. Pembuatan web melalui cara ini membutuhkan banyak waktu untuk dipelajari dan sulit untuk dikuasai. Alasan inilah yang membuat kebanyakan orang yang ingin membuat website tampak sulit. Tidak hanya itu, bagi mereka yang akan membuat website membutuhkan banyak keterampilan coding dan desain. Namun di tahun 2018, cara ini sudah tidak benar. Sistem manajemen konten (CMS), seperti WordPress, telah membuat terobosan yang mudah untuk pembuatan situs web yang dapat diakses oleh semua orang.

Sederhananya, sistem pengelolaan konten (atau platform pembuatan situs web) adalah platform yang mudah digunakan untuk membangun situs web dan mengelola konten online Anda sendiri, sebagai pengganti menggunakan HTML.

Dapatkan Domain dan Web Hosting

Untuk menciptakan sebuah situs web, Anda memerlukan dua hal:

  • Nama domain (alamat web seperti Yoursitename.com)
  • Hosting (layanan yang menghubungkan situs Anda ke internet)

Jika Anda memilih platform yang gratis, Anda dapat memilih WordPress. Namun nama domain dan hosting akan dikenakan biaya sekitar $ 3 – $ 5 per bulan atau setara dengan IDR 40.000 – IDR 70.000. Tentu, biaya ini terhitung cukup untuk kantong Anda.

Memiliki nama domain Anda sendiri terlihat jauh lebih profesional dari pada memiliki situs Anda di domain orang lain (seperti bisnis Anda. My-free-website.com), dan harganya juga terjangkau.

Selain itu, memiliki hosting sendiri juga akan memastikan situs web Anda dimuat dengan cepat dan tidak akan turun berjam-jam secara sekaligus (sangat penting bagi setiap orang yang mengunjungi halaman Anda.

Atur dan Sesuaikan Website Anda

Setelah Anda membeli nama domain Anda dan mengatur hosting Anda, langkah selanjutnya yaitu membuat situs web Anda aktif dan berjalan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal WordPress ke domain Anda.

  • InstallWordPress. Menciptakan situs web menggunakan WordPress hanya dalam satu klik.

Hampir setiap perusahaan hosting telah mengintegrasikan pemasangan WordPress dalam 1 klik agar membuatnya semakin cepat. Jika Anda mendaftar dengan Bluehost atau perusahaan hosting sejenis lainnya, Anda harus menemukan “instalasi satu-klik” Anda di panel kontrol akun Anda. Langkah-langkahnya adalah

  • Masuk ke akun hosting Anda.
  • Buka panel kontrol Anda.
  • Cari ikon “WordPress” atau “Situs Web”.
  • Pilih domain tempat Anda ingin memasang situs web Anda.
  • Klik tombol “Install Now” dan Anda akan mendapatkan akses ke situs WordPress baru Anda.

Memilih Tema / Template untuk situs Anda

Tampilan awal WordPress Anda akan terlihat sangat dasar. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan tema yang Anda inginkan.

Memasang Tema Baru

Setelah Anda menemukan tema yang Anda suka, menginstalnya sesederhana mengklik “Install” diikuti dengan “Activate”.

PENTING: Mengubah tema tidak akan menghapus posting, halaman, dan konten Anda sebelumnya. Anda dapat mengubah tema sesering yang Anda mau tanpa harus khawatir kehilangan apa yang telah Anda buat.