Cara Buat Situs Sendiri Tanpa Repot dengan WordPress

contoh desain website wedding dengan wordpress
contoh desain website wedding dengan wordpress

WordPress adalah platform penyedia domain dan merupakan platform yang paling populer digunakan oleh banyak pembuat situs. WordPress dinilai sebagai jalan pintas untuk memiliki situs profesional tanpa harus belajar tentang program pengembangan web seperti HTML dan CSS secara serius. Pengetahuan HTML dan CSS dapat membantu menjalankan fungsi WordPress, namun hal ini tidak harus. Bagi yang ingin memulai membuat website sendiri, membuat situs dari WordPress bisa dipastikan adalah cara buat situs sendiri yang paling mudah.

Berikut adalah alasan – alasan mengapa WordPress populer digunakan:

  • Belajar HTML dan CSS bisa mencapai 6 bulan lebih untuk mahir dalam membuat situs website. Namun dengan hanya mempelajari WordPress, pembuatan website hanya perlu memakan 2 hari saja.
  • WordPress menyediakan fitur banyak dan mudah dipahami jika dibanding program pembuat website lain.
  • Jika dibandingkan penyedia jasa platform website lain, WordPress terasa lebih mudah digunakan walau memiliki banyak fitur. Bagi yang ingin menggali lebih dalam untuk cara buat situs sendiri, WordPress juga menyediakan fitur yang bisa diatur menggunakan kode – kode HTML bagi yang sudah mahir untuk mengatur hal yang lebih detail dalam membuat dan mengontrol website.

Hal pertama yang harus diingat adalah paket WordPress ada dua yaitu free dan premium. Beda dua paket ini adalah domain nama situs yang akan digunakan dan juga beberapa feature pengaturan situs yang tergolong advance atau memerlukan kemampuan kode rumit, tidak akan tersedia di paket free.

Memilki domain sendiri sangatlah penting jika situs yang dibuat memiliki tujuan profesional contohnya untuk jualan dan bisnis. Nama domain penting untuk membuat para pengunjung mengetahui konten yang ada di website. Saat menggunakan domain free nama website yang muncul biasanya diikuti dengan kata – kata WordPress dibelakangnya.

Contoh dari kasus nama domain ini misalnya untuk website yang berfokus untuk membicarakan tentang berita cinema dan film. Pembuatnya ingin nama domain yang menarik dan memutuskan untuk memilih cinema-talk(dot)com. Jika dia menggunakan WordPress free dia tidak bisa melakukannya, dia hanya bisa membuat cinema-talk(dot)wordpress(dot)com. Tentu penampilan nama domain jadi terlalu panjang dan kurang profesional. Jika pembuatnya ingin nama domainnya sesuai keinginannya dia harus membayar paket WordPress premium.

Setelah memiliki domain, cara buat situs sendiri tahap selanjutnya adalah memilih memasang template yang tepat. Dalam WordPress biasanya akan ada banyak pilihan tampilan yang bisa digunakan sebagai basis penampilan situs. Untuk pengaturan lebih detail bisa dilakukan dengan membuka konsole kode – kode. Fitur konsole kode ini menggunakan fitur HTML dan CSS. Jadi jika ingin pengaturan website lebih detail untuk menghasilkan desain situs unik, original dan sesuai dengan keinginan tidak ada salahnya untuk belajar HTML dan CSS.

Setelah memilih tampilan langkah berikutnya adalah mengisi website ini dengan tool dan konten. Situs bisa diisi dengan link yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain, tool untuk membantu mecari konten, tool untuk menampilkan animasi dan lain – lain. Tool bisa dicari di Internet karena banyak yang menyediakannya. Untuk konten ini terserah dengan keperluan yang dibutuhkan.