4 Cara Mendesain Website Sendiri Dengan Praktis

wireframeCara mendesain website sendiri memang tidaklah mudah, akan tetapi tidak sulit jika kalian mencoba dasar-dasarnya, berikut ini :

  1. Membuat Wireframe atau Sketsa Website

Tak sedikit orang yang melewatkan langkah pertama dalam pembuatan desain website, karena dengan desain yang menarik akan membuat website menjadi ramai dikunjungi. Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya membuat terlebih dahulu sketsa pada selembar kertas, hal tersebut bisa dijadikan sebagai langkah awal dalam membuat sketsa website sehingga jika desain kurang disukai atau hanya dirubah beberapa beberapa bagian sangatlah mudah.

Bagi Kamu yang sudah mahir dalam mendesain tanpa diatas kertas, bisa langsung menggunakan computer dalam pembuatan sketsa tergantung dari Kamu lebih nyaman menggunakan yang mana dalam pembuatan sketsa awal.

  1. Melakukan Visualisasi Website

Langkah selanjutnya cara mendesain website sendiri yaitu setelah membuat sketsa lalu melakukan visualisasi website ke sebuah software khusus dan dilengkapi pengolahan gambar. Salah satu software pengolah gambar adalah Photoshop yang sudah tidak asing lagi. Di software ini bisa diutak-atik jauh lebih dalam sehingga bisa menghasilkan desain yang luar biasa.

  1. Coding

Selanjutnya cara mendesain website sendiri adalah melakukan coding, untuk tahapan ini sangat dibutuhkan pemikiran yang ekstra karena bisa-bisa membuat Kamu stress, didalamnya akan sering dijumpai pesan kesalah (Error) ketika sedang melakukan coding. Tapi jangan khawatir karena jika secara teliti melakukan coding akan sedikit berkurang menerima pesan error. Pada tahapan ini akan melewati tahapan bug dan error namun untuk meminimalisirnya ada software khusus pembuatan website yang banyak sekali jenisnya. Contohnya saja dengan menggunakan bahasa HTML, CSS, Ajax, Javascrift dan PHP. Software inilah yang dapat membuat website Kamu bisa lebih berinteraksi dengan baik. Contohnya saja dalam pembuatan menu-menunya yang lebih beragam dan kumplit tentunya, bisa bergerak dengan halus sebagai langkah untuk menarik minat para pengunjung dan juga bisa menyediakan form untuk pengisian alamat email atau nama pengunjung. Keunikan dari coding ini adalah di awal terasa pusing namun setelah melihat hasilnya akan dirasakan kepuasan bahkan bisa ketagihan.

  1. Penyesuaian browser yang tepat

Bagi pemula, langkah yang tepat dilakukan adalah dengan menyesuaikan tampilan yang dipadukan dengan beberapa browser yang sering digunakan karena setiap browser memiliki tampilan yang berbeda dalam membuka halaman website. Langkah selanjutnya adalah penyesuaian coding-coding setiap browser sehingga akan terlihat sempurna. Browser pilihan yang sering digunakan adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer dan lain sebagainya. Kenapa harus setiap browser diperbaiki, karena jka tampilan satu browser bagus katakanlah browser Mozilla Firefox namun belum tentu pada browser Google Chrome bagus malahan bisa sebaliknya.

Itulah beberapa cara mendesain website sendiri semoga bermanfaat terutama bagi Kamu yang akan mencoba mendesain website pertama Kamu. Semoga bermanfaat.